Selamat datang di www.wartamaranatha.blogspot.com - Memberitakan Injil dan Mendewasakan Kerohanian

Minggu, 15 April 2012

YESUS SUDAH BANGKIT !


1 Korintus 15:1-10

Yesus sudah bangkit! Apakah Saudara percaya Dia sudah bangkit dan hidup dari antara orang mati pada hari yang ketiga? Puji Tuhan apabila Saudara percaya dan tetap berpegang teguh! Kebangkitan Kristus adalah fakta sejarah yang menjadi fondasi iman Kristen. Jikalau Kristus tidak dibangkitkan sia-sia iman dan pelayanan kita kepada Tuhan Yesus Kristus (ayat 14). Puji syukur kepada Allah karena Dia menyatakan kebenaran tentang kebangkitan ini melalui rasul Paulus. Sekalipun, Paulus sebenarnya sedang menjawab ajaran sesat mengenai kebangkitan orang mati secara umum. Di antara jemaat Korintus, ada orang-orang yang mengajarkan bahwa tidak ada kebangkitan orang mati (ayat 12). Nah, jika tidak ada kebangkitan orang mati, pastilah Tuhan Yesus juga tidak dibangkitkan! Itu sebabnya ketika Paulus menjelaskan bagian ini, kita masa sekarang menerima penjelasan tentang kebangkitan Tuhan kita, Yesus Kristus. Paulus memberikan bukti-bukti bahwa Kristus dibangkitkan pada hari yang ketiga! Jika Kristus dibangkitkan, ada kebangkitan orang mati. Dan kita akan dibangkitkan pada akhir zaman, saat Tuhan Yesus datang kembali, dan tinggal bersama Dia selama-lamanya.

BUKTI-BUKTI KEBANGKITAN KRISTUS!
Rasul Paulus memberikan bukti-bukti kebangkitan Kristus kepada kita. Apa bukti-bukti kebangkitan Kristus?
1. Iman orang-orang percaya sepanjang abad (ayat 1-2).
Peristiwa kebangkitan Kristus terjadi 2000 tahun yang lalu dan berita kebangkitan Tuhan Yesus ini sudah dipegang sejak abad pertama (lebih dari 1900 tahun yang lalu). Luar biasa bukan? Iman Kristen telah berumur hampir 2000 tahun yang lalu. Jika bukan kebenaran, maka dengan seleksi waktu yang demikian panjang, sudah pasti tidak akan ada lagi. Tetapi, lihatlah iman orang percaya itu ada hingga masa kini. Bukan itu saja, apabila kebangkitan Kristus hanya dongeng atau mitos, lihatlah betapa banyak jiwa-jiwa beriman yang mati karena iman yang mereka pegang! Stevanus yang dirajam batu hingga mati, Yakobus yang dipenggal, Petrus yang tersalib terbalik, Polycharpus yang dibakar hidup-hidup dan banyak orang percaya yang diadu dengan binatang buas, dibakar dan dianiaya karena iman pada Kristus yang sudah dibangkitkan pada hari yang ketiga! Betapa konyolnya jika apa yang mereka pegang sebenarnya cerita bohong atau sekedar mitos. Adakah orang mau mati karena cerita “kancil mencuri ketimun” atau kisah “kancil dengan buaya”? Jangan pernah ragu, Kristus Yesus sudah bangkit bagi Saudara!
2. Kitab Suci menyatakan kebangkitan Kristus! (ayat 3-4).
Rasul Paulus menyatakan bahwa Kitab Suci menyatakan bahwa Kristus dibangkitkan pada hari yang ketiga! Apakah yang dimaksud Kitab Suci? Jelas, yang dimaksudkan adalah Perjanjian Lama (karena Perjanjian Baru belum lengkap tertulis saat surat IKorintus ini ditulis). Perjanjian Lama bukan hanya menubuatkan kematian Kristus, tetapi juga kebangkitanNya! Kisah Yunus diperut ikan tiga hari tiga malam menjadi ‘kiasan’ bagi kebangkitanTuhan Yesus (Yunus 1:17 band. Matius 12:40). Dua hari Kristus di perut bumi dan pada hari yang ketiga Dia dibangkitkan. Hosea 6:1-2 dengan ungkapan “dibangkitkan pada hari yang ketiga” jelas merujuk pada kebangkitan Kristus. Mazmur 16:8-10 jelas menyatakan bahwa Daud menubuatkan kebangkitan Tuhan Yesus seperti yang dikhotbahkan Petrus (band. KPR 2:24-31). Tuhan Yesus sudah bangkit! Bagaimana dengan perjanjian Baru? Keempat Injil (Matius, Markus, Lukas dan Yohanes) meski ditulis oleh penulis, waktu dan tujuan yang berbeda, namun menyatakan satu berita: Tuhan Yesus dibangkitkan pada hari yang ketiga!
3. Saki-saksi mata kebangkitan Kristus (ayat 5-9).
Terakhir, Paulus menunjukkan bahwa ada banyak saksi mata dari kebangkitan Tuhan kita, Yesus Kristus. Bukan hanya satu orang! Pertama, Petrus atau kefas (ayat 5). Petrus bahkan berkali-kali melihat kebangkitan Yesus. Kemudian 12 rasul Tuhan, termasuk Matias (band. KPR 1). Mereka menyaksikan Tuhan Yesus yang sudah bangkit dari antara orang mati! ). Berikutnya, ada lebih dari 500 orang murid yang menyaksikan kebangkitan Kristus! (ayat 6). Dan sebagian besar masih hidup saat surat Korintus ini ditulis. Luar biasa bukan? Masih ada lagi yaitu. Yakobus, saudara Tuhan Yesus (ayat 7). Yakobus yang dulu tidak percaya, setelah bertemu Kristus yang bangkit menjadi salah satu saksi mata yang memberitakan kabar ini! Terakhir, Paulus, musuh dan penganiaya orang-orang yang percaya kebangkitan Kristus (ayat 8-9). Tuhan Yesus bangkit bukan dongeng, tetapi fakta yang disaksikan banyak orang!

SIKAP ORANG-ORANG YANG PERCAYA KEBANGKITAN KRISTUS
Saudara percaya Tuhan Yesus sudah bangkit? Percaya bukan sekedar ucapan, tetapi nyata dalam kehidupan!
1.Tetap berpegang teguh dalam iman (ayat 1-2).
Mari kita teguh berdiri atas iman kita, bahwa Tuhan Yesus sudah bangkit. Jangan mau digoyahkan! (band. ayat 58). Sejak awal peristiwa kebangkitan, sudah ada usaha untuk menyesatkan dan menggoncangkan iman percaya kita bahwa Yesus sudah bangkit! Lihat Matius 28:11-15, diisukan bahwa mayat Tuhan dicuri para murid! Belum lagi godaan dosa dan kesenangan dunia yang mencoba meruntuhkan iman kita. Di sisi lain, pergumulan juga dapat menghimpit iman kita. Tetapi sekali lagi, tetap teguhlah dalam iman karena Kristus sudah bangkit! Setiap kali kita teguh dalam iman oleh kasih karunia Allah, kepada Tuhan Yesus yang bangkit dari antara orang mati, sebenarnya kita dijadikanNya bukti-bukti kebangkitan Kristus yang akan ‘dibaca’ oleh generasi-generasi kita selanjutnya.
2. Giat melayani Tuhan Yesus! (ayat 10 band. 58).
Kita, sebagai orang yang percaya kebangkitan Kristus, seharusnya giat melayani Dia! Seperti Paulus yang bekerja keras oleh dan bagi Tuhan Yesus Kristus yang sudah bangkit. Karena Tuhan kita hidup, kita harus giat beribadah dan melayani Dia. Ibadah dan pelayanan kita jadi berarti karena Yang kita layani adalah Allah yang hidup, bukan mati! Dan karena Dia hidup, Dia ada dan menyertai kita sehingga pelayanan kita menjadi efektif. Sehingga “jerih payah kita dalam Tuhan tidak akan sia-sia” (ayat 58).

Sekali lagi Saya sampaikan: “Tuhan Yesus sudah bangkit!” Jika Saudara mebalasnya dengan berkata: “Amin, Tuhan Yesus sudah bangkit!”, mari kita tetap teguh dalam iman dan giat beribadah dan melayani Tuhan kita, Yesus yang sudah bangkit dan hidup bagi kita! Selamat Paskah!

Pdt. Lukas Widiyanto, S.Th.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Tidak Membayar Perpuluhan

Tiga orang yang berbeda profesi sedang berdiskusi soal perpuluhan. Mereka masing-masing mengemukakan alasan mengapa mereka belum membayar perpuluhan.

Akuntan: Saya belum membayar perpuluhan karena belum menerima surat tagihan dari Tuhan.

Pengacara: Kalau saya belum membayar perpuluhan karena belum ada undang-undang yang mengaturnya.

Bankir: Saya sih sudah lama mau membayar perpuluhan, tapi sampai sekarang saya belum tahu nomor rekening Tuhan.

cabe deeeh....

ALBUM KENANGAN