Selamat datang di www.wartamaranatha.blogspot.com - Memberitakan Injil dan Mendewasakan Kerohanian

Minggu, 20 Juni 2010

PEPERANGAN ROHANI

EFESUS 6:10-12

GAMBARAN GEREJA DALAM SURAT EFESUS!
Paling tidak ada 5 gambaran tentang gereja dalam surat Efesus. Pertama, gereja digambarkan sebagai tubuh Kristus (1:22-23 band. 4:15-16). Kristus adalah kepala jemaat dan gereja adalah tubuhNya. Kedua, gereja digambarkan sebagai keluarga Allah (2:19). Ketiga, gereja digambarkan sebagai bait Allah, dimana Kristus adalah batu penjurunya (2:21-22). Keempat, gereja adalah mempelai perempuan Tuhan (5:22-33). Kristus-lah Mempelai Pria sorga bagi gereja! Terakhir, gereja digambarkan sebagai tentara Allah! (6:10-20).

SAUDARA ADALAH TENTARA ALLAH!
Ini yang dituliskan rasul Paulus, bahwa Saudara semua, yang percaya dan menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, adalah tentara-tentara Allah! Dan kita berada dalam peperangan rohani. Tidak ada tempat untuk bersantai! Dalam Efesus 6:10-12 ini rasul Paulus memberikan kita 3 kunci kemenangan dalam peperangan rohani.

1. KETAHUILAH MUSUH SAUDARA! (ayat 12)
Mengetahui siapa musuh kita, bagaimana strateginya, kekuatannya dan senjatanya adalah sebuah langkah yang bijaksana untuk memenangkan sebuah peperangan! Siapa Musuh Kita?
A. Iblis (lihat ayat 10).
Musuh kita bukanlah “darah dan daging”, artinya musuh kita bukanlah manusia! Bukan sesama jemaat ataupun orang-orang yang belum percaya pada Tuhan Yesus! Tetapi Iblis-lah musuh kita. Iblis adalah malaikat Tuhan yang sudah jatuh dalam dosa. Ia adalah malaikat ciptaan Tuhan. Itu sebabnya Iblis TIDAK SETARA dengan Allah! Berikutnya, Iblis sebenarnya SUDAH kalah oleh kematian Tuhan kita, Yesus Kristus (Ibrani 2:14). Sebab itu jangan takut, tetapi juga jangan kita meremehkannya dan tidak waspada!
B. Pembantu-pembantu Iblis (ayat 12).
Rasul Paulus menyebut pembantu-pembantu Iblis ini sebagai “pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, penghulu-penghulu dunia dan roh-roh jahat di udara”. Mereka adalah roh-roh jahat, yaitu malaikat-malaikat yang turut mengikut Iblis saat dia jatuh dalam dosa. Mereka inilah yang tersebar menjadi ‘kaki tangan’ Iblis untuk menjatuhkan anak-anak Tuhan.
Lalu bagaimana strategi Iblis dalam peperangan rohani? Sebenarnya strategi Iblis tetap sama, tidak ada yang berubah sejak dulu! Senjata dan strategi utamanya adalah TIPU MUSLIHAT! Sejak di taman Eden Iblis menipu Hawa dan Adam (Kajedian 3). Dan seterusnya dia menipu anak-anak Tuhan hingga masa kini. Jangan mau ditipu Iblis! Belajarlah dan tetaplah dalam kebenaran Firman Tuhan sehingga kita kuat di dalam Kristus.

2. JADILAH KUAT DALAM TUHAN! (ayat 12)
Tuhan memerintahkan kita suapaya menjadi kuat di dalam kuasaNya. Artinya, Tuhan sendiri sudah menyediakan kekuatan kuasaNya bagi kita. Kita tinggal ‘menerima’ kekuatanNya. Bagaimana caranya? Pertama, percaya bahwa Tuhan Yesus SUDAH menyediakan kekuatan kuasaNya dan dengan percaya pula terimalah kekuatan kuasaNya! Bukankah Roh Kudus tinggal dalam hidup kita, orang-orang yang percaya kepadaNya? Kedua, dekat dengan Tuhan Yesus. Dengan bersekutu dalam doa, pujian dan membaca Alkitab serta beribadah, kita menerima kekuatan kuasa Tuhan yang luar biasa! Jadi, mulailah bersekutu dengan Tuhan Yesus dan jadilah kuat!

3. KENAKANLAH SELURUH PERLENGKAPAN SENJATA ALLAH! (ayat 12)
Mau menang dalam peperangan rohani? Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah! Tuhan tidak memerintahkan kita mencari sendiri atau membuat senjata, tetapi Dia memerintahkan kita untuk mengenakannya! Sebab Tuhan Yesus sendiri sudah menyediakan seluruh perlengkapan senjata untuk berkemenangan. Kekalahaan anak-anak Tuhan dalam peperangan rohani melawan kuasa gelap bukanlah kurang senjata, tetapi MALAS menggunakan perlengkapan senjata Allah ini! Mari kita bersemangat, rajin dan berdungguh-sungguh menggunakan senjata Allah yang sudah disiapkanNya bagi kita. Doa, baca Alkitab, beritakan Injil, setia dan kesungguhan! Niscaya kita, oleh kuasa dan kekuatan Tuhan Yesus selalu berkemenangan.
Akhirnya, apabila kita ingin menang dalam peperangan rohani dalam kehidupan kita mari kita ketahui siapa musuh kita, jadilah kuat dalam Tuhan Yesus dan kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah. Selamat berkemenangan di dalam Tuhan Yesus!


Pdt. Lukas Widiyanto, S.Th.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Tidak Membayar Perpuluhan

Tiga orang yang berbeda profesi sedang berdiskusi soal perpuluhan. Mereka masing-masing mengemukakan alasan mengapa mereka belum membayar perpuluhan.

Akuntan: Saya belum membayar perpuluhan karena belum menerima surat tagihan dari Tuhan.

Pengacara: Kalau saya belum membayar perpuluhan karena belum ada undang-undang yang mengaturnya.

Bankir: Saya sih sudah lama mau membayar perpuluhan, tapi sampai sekarang saya belum tahu nomor rekening Tuhan.

cabe deeeh....

ALBUM KENANGAN