Selamat datang di www.wartamaranatha.blogspot.com - Memberitakan Injil dan Mendewasakan Kerohanian

Senin, 12 April 2010

JANGAN TAKUT!

MATIUS 28:1-8


Malaikat yang ditemui para murid perempuan Tuhan Yesus di kubur memberikan pesan Paskah kepada mereka: “Jangan takut!” Sementara itu para prajurit yang menjaga kubur Tuhan Yesus sangat ketakutan. Takut? Siapa yang tidak takut dikuburan saat masih gelap atau pagi-pagi sekali? Apalagi tiba-tiba terjadi gempa dan muncul malaikat yang sangat yang menggulingkan batu penutup kubur itu. Siapa saja akan takut dengan kejadian ini. Sebenarnya yang paling menakutkan adalah akibat dosa, bahkan ketakutan-pun adalah produk dari dosa. Manusia yang berdosa akan takut menghadap hadirat Allah Yang Mahakudus! Dan itu berdampak menjadi ketakutan akan masa yang akan datang. Hidup dalam ketakutan dan masa depanpun, saat menghadap Tuhan Allah, manusia dirundung ketakutan! Apakah Saudara takut? Pesan Paskah adalah “Jangan takut!” malaikat tidak hanya menyampaikan pesan ini, namun dia memberikan alasan yang kuat mengapa kita, sebagai anak-anak Tuhan tidak usah takut.

1. Karena TUHAN mengenal isi hati orang-orang yang mengasihi Dia!
Perhatikan bahwa malaikat itu mendasari pesanya supaya mereka tidak takut karena mereka mencari Tuhan Yesus yang disalibkan! “Janganlah kamu takut; sebab kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.” (ayat 6).! Tuhan tahu para murid perempuanNya adalah orang-orang yang mengasihi Dia. Jika tidak, mereka tidak akan datang pagi-pagi sekali untuk menengok kubur Yesus! Jika bukan karena mengasihi Tuhan, mereka tidak akan mencari dan bersiap menghormati mayat Guru dan Tuhan mereka. Lebih lagi, mereka mengasihi dan mencari Tuhan Yesus, sekalipun mereka tahu Yesus sudah mati tersalib! Mereka tetap mencari! Apakah kita mengasihi Tuhan Yesus dan mencari Dia seperti para murid perempuan ini? Tetap mengasihi meskipun saat kita tidak ‘melihat’ mujizat yang spektakuler, belum menerima pertolongan atau belum mendapat jawaban doa? Maria Magdalena dan para wanita lainnya tetap mencari Yesus, Tuhan mereka, sekalipun yang mereka tahu Yesus sudah mati! Mereka tetap mengasihi Tuhan. Bagaimana dengan kita?

2. Karena Tuhan Yesus Sudah Bangkit!
Pesan Paskah bagi para murid perempuan Tuhan itu didasarkan karena Tuhan Yesus sudah bangkit. Malaikat memberitahu mereka supaya tidak takut karena Yesus tidak ada lagi di kubur itu, Dia sudah bangkit! Jika Tuhan Yesus bangkit, itu berarti Dia hidup. Sebab itu tidak lagi perlu takut. Malaikat tidak sekedar memberitahu bahwa Tuhan Yesus yang mereka cari sudah bangkit. Namun malaikat itu memberi bukti yang nyata! Pertama, malaikat itu mengingatkan pada perkataan Tuhan Yesus tentang kebangkitanNya. Ya, Tuhan Yesus mengajarkan tentang kebangkitanNya secara terang-terangan (Matius 16:21; 17:22-23 dan 20:17-19). Bahkan para imam dan ahli-ahli Taurat serta orang Farisi-pun tahu tentang ajaran ini (Matius 27:62-66). Tidak ada bukti yang lebih kuat daripada apa yang dikatakan Alkitab tentang kebangkitanNya! Apa yang harus kita ragukan? Jadi, mari kita semakin teguh dalam Kristus! Kedua, buktinya adalah kubur yang kosong. Kubur yang sekalipun tidak dapat berbicara, namun akan terus menggemakan kesaksian bahwa Yesus sudah bangkit dan hidup!

Apabila Tuhan Yesus sudah bangkit mengapa harus hidup dengan ketakutan? Bukankah kebangkitanNya menyatakan bahwa apa yang diajarkan benar? Bahwa di dalam Dialah ada keselamatan kekal? Tidak perlu takut akan hari esok sebab Tuhan Yesus hidup!

HIDUP DENGAN BERANI
Apa maknanya pesan Paskah “Jangan takut!” ini? Pertama, jikalau Kristus sudah dibangkitkan dan hidup dan menyertai kita, maka kita tidak perlu takut “masa depan”! Baik masa yang akan datang, yang mengacu kekekalan karena Kristus yang bangkit menegaskan keselamatan di dalam Dia! Siapa yang percaya kepada Tuhan Yesus tidak akan mati lagi selama-lamanya, tetapi beroleh hidup yang kekal (Yohanes 3:16). Berani menghadapi masa depan dalam kehidupan sekarang ini. Mengapa takut kalau Tuhan kita, Yesus adalah Tuhan yang hidup dan menyertai kita? Memang, didepan kita dapat saja banyak pergumulan dan tantangan menanti, tetapi yang pasti Tuhan Yesus, yang sudah bangkit, Dia menyertai hidup kita. Mari kita semakin teguh dalam iman dan semakin mengasihi Dia. Kedua, kita harus berani bersaksi bahwa Tuhan Yesus sudah bangkit kepada dunia ini (Matius 28:7-8). “Jangan takut!” adalah seruan Tuhan supaya kita, murid-muridNya, mewartakan Injil. Memberitakan bahwa Tuhan Yesus sudah bangkit! Bukankah Dia yang menyertai kita dan memperlengkapi kita dengan kuasaNya? Mari kita beritakan bahwa Kristus sudah bangkit dan siapa saja yang percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat akan diselamatkan.

Bangkitlah dan dengan berani tataplah masa depan dengan pengharapan karena Tuhan kita, Yesus Kristus sudah bangkit, hidup dan beserta kita! Masih takut?


Pdt. Lukas Widiyanto, S.Th.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Tidak Membayar Perpuluhan

Tiga orang yang berbeda profesi sedang berdiskusi soal perpuluhan. Mereka masing-masing mengemukakan alasan mengapa mereka belum membayar perpuluhan.

Akuntan: Saya belum membayar perpuluhan karena belum menerima surat tagihan dari Tuhan.

Pengacara: Kalau saya belum membayar perpuluhan karena belum ada undang-undang yang mengaturnya.

Bankir: Saya sih sudah lama mau membayar perpuluhan, tapi sampai sekarang saya belum tahu nomor rekening Tuhan.

cabe deeeh....

ALBUM KENANGAN