Selamat datang di www.wartamaranatha.blogspot.com - Memberitakan Injil dan Mendewasakan Kerohanian

Sabtu, 17 April 2010

PEMENANG!

1 KORINTUS 15:57-58

I. FAKTA: SAUDARA ADALAH PEMENANG OLEH KEBANGKITAN KRISTUS
Rasul Paulus memberitahu jemaat Korintus dan juga kita bahwa kita adalah para pemenang! Beberapa hal yang penting dan harus kita pahami. Pertama, kemenangan kita ini bukan karena kekuatan dan kebaikan kita sendiri, tetapi ini kemenangan yang dianugerahkan oleh Allah dalam Kristus Yesus. Paulus menjelaskan bahwa kebangkitan Tuhan kita, Yesus Kristus, memberikan kita kemenangan! (band. Seluruh pasal 15 ini yang menjelaskan kebangkitan Kristus dan kebangkitan tubuh bagi orang percaya) Kedua, kemenangan ini adalah kemenangan atas maut dan DOSA! (lihat ayat 55-56). Dosa menyebabkan manusia binasa, ditelan oleh maut! Dosa mendatangkan kematian kekal, dimana manusia terpisah selama-lamanya dengan Allah. Tetapi saat kematian Kristus di kayu salib, maka dosa telah diselesaikan! Dia menanggung hukuman dosa kita. Dan kebangkitan Tuhan Yesus membuktikan bahwa maut tidak berkuasa lagi! Puji Tuhan. Jadi, hal yang sangat penting kita pegang dan percayai adalah bahwa kita adalah PEMENANG, Tuhan Yesus yang memberikan kemenangan itu. Menang atas dosa sehingga dosa tidak berkuasa atas kita. Dan menang atas maut, karena dalam percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi kita, kita tidak akan mengalai maut, bahkan akan dibangkitkan kelak pada akhir zaman dan tinggal bersama Kristus selamanya. Saudara adalah pemenang!

II. HIDUPLAH SEBAGAI PEMENANG!

Apabila kita sudah menyadari fakta yang penting ini, bahwa kita adalah pemenang, mengapa kita masih hidup sebagai orang-orang yang kalah? Rasul Paulus mendorong jemaat Korintus dan kita supaya hidup sebagai pemenang bukan orang yang kalah! (lihat ayat 58).

1. BERDIRI TEGUH DAN TIDAK GOYAH!

Sikap seorang pemenang adalah berdiri teguh dan tidak mau digoyahkan! Bayangkan kemenangan yang dicapai bukan dengan pengorbanan yang sedikit kok mau direbut lagi? Allah Bapa dan Tuhan Yesus menganugerahkan kemenangan bagi kita bukan tanpa membayar harga! Jika kita merasa adalah pemenang sudah tentu kita peertahanakan dan terus berdiri teguh! Awas bahwa peperangan tetap berlangsung dan tantangan belum usai! Berdirilah teguh!

Ada 3 tantangan yang harus kita waspadai, yaitu:
a. Pengajaran Sesat (1 Korintus 15:33).
Tidak dapat dipungkiri bahwa pasal 15 ini ditulis Paulus karena adanya pengajaran palsu yang menolak kebangkitan tubuh (baca seluruh pasal 15). Masih akan datang lagi penyesat yang mencoba mengalihkan iman kita dari kebenaran dalam Kristus, tetapi mari kita semakin teguh dalam Tuhan Yesus. Belajar FirmanNya, bersekutu dengan saudara seiman di gereja akan menumbuhkan pemahaman kita akan kebenaran Firman Tuhan.

b. DOSA.

Dosa digambarkan sebagai musuh (ayat 56). Ia mengintai anak-anak Tuhan, meskipun anak-anak Tuhan adalah pemenang dalam Kristus. Mari kita teguh, jangan mau hidup dikalahkan lagi oleh dosa. Dosa nampak begitu ganas dan hebat mencoba menarik dan mengalahkan kita. Percabulan, perzinahan, pencurian, judi, mabuk-mabukan, penggunaan narkoba, fitnah dan segala macam dosa yang mengerikan berusaha mengemas dirinya dalam kemasan kenikmatan yang tidak berbahaya dan ‘tidak nampak’ kuasa dosanya. Lawanlah dengan iman dan berdirilah teguh, jangan mau dikalahkan oleh dosa.

c. Pergumulan Hidup.

Pergumulan hidup dalpat menggoncang iman kita. Bagaimana dengan Saudara? Sedang mengahadapi pergumulan yang berat? Mulai lemah dan mau undur dari Kristus? Jangan! Ingatlah kita adalah pemenang di dalam Kristus, mari hadapi pergumulan bersama Dia dan berkemenanganlah! Tetapkan hati untuk tidak tergoyahkan karena kita memang adalah pemenang di dalam Kristus.

2. GIAT MELAYANI TUHAN.

Satu lagi ciri-ciri seorang pemenang adalah GIAT melayani TUHAN! Bukankah kemenangan, membuat kemalasan lari dan kelelahan sirna? Lihat saja kalau seorang pemain sepak bola memasukkan bola ke gawang lawan, meski dia kecapaian, namun karena berhasil, menang, maka ia dapat lari berkeliling lapangan dengan semangat! Inilah yang terjadi pada murid-murid Tuhan saat mereka menyaksikan Tuhan Yesus bangkit! Semangat yang berapi-api melayani Tuhan. Masalah dan aniaya? Itu hanya ‘bumbu’ yang justru membuat mereka berkobar untuk giat memberitakan Injil dan melayani Tuhan yang sudah bangkit! (Kisah Para Rasul 5:40-42). Bagaimana dengan Saudara? Giat melayani? Giat beribadah dan setia? Atau malas dan lesu? Ingatlah Saudara adalah pemenang karena Tuhan Yesus sudah bangkit dan memberi kemenangan! Selanjutnya, Paulus mengajak kita merenungkan bahwa karena Kristus bangkit, maka “dalam persekutuanmu dengan Tuhan, jerih payahmu tidak sia-sia!” Mengapa? Pertama, karena kita melayani Tuhan yang HIDUP! Pelayanan jadi bermakna karena yang kita layani hidup dan berkuasa! Kedua, karena jika Dia hidup, maka Dia menyertai dengan kemampuan dan kuasaNya! Ketiga, karena Dia hidup, Dia janjikan dan pastikan bahwa setiap pelayanNya menerima upah saat Dia kembali.

Saya ingatkan sekali lagi bahwa Saudara adalah PEMENANG! Pemenang karena Kristus memberikan kemenanganNya bagi Saudara! Sebab itu mari kita berdiri teguh, jangan mau digoyahkan dan giatlah melayani Tuhan kita, yang sudah bangkit dan hidup! Bangkitlah para pemenang, Kristus sudah bangkit!

Pdt. Lukas Widiyanto, S.Th.

1 komentar:

  1. Mempertahankan kemenangan lebih susah daripada mengejar kemenangan karena semua musuh pasti mengintai dan berusaha merebut "kemenangan" yang kita peroleh. jadi mari kita terus berlatih dan berlatih agar semakin tangguh dan tetap menjadi PEMENANG!

    BalasHapus

Alasan Tidak Membayar Perpuluhan

Tiga orang yang berbeda profesi sedang berdiskusi soal perpuluhan. Mereka masing-masing mengemukakan alasan mengapa mereka belum membayar perpuluhan.

Akuntan: Saya belum membayar perpuluhan karena belum menerima surat tagihan dari Tuhan.

Pengacara: Kalau saya belum membayar perpuluhan karena belum ada undang-undang yang mengaturnya.

Bankir: Saya sih sudah lama mau membayar perpuluhan, tapi sampai sekarang saya belum tahu nomor rekening Tuhan.

cabe deeeh....

ALBUM KENANGAN