Selamat datang di www.wartamaranatha.blogspot.com - Memberitakan Injil dan Mendewasakan Kerohanian

Minggu, 26 Mei 2013

MENGAPA KITA HARUS PENUH DENGAN ROH KUDUS?


Efesus 5:18-21

    Hari ini kita memperingati hari Pentakosta, hari dimana Tuhan Yesus mencurahkan Roh Kudus sesuai dengan janjiNya kepada para murid! Roh Kudus dicurahkan dan itu berarti setiap orang Kristen, termasuk kita dapat dipenuhi oleh Roh Kudus. Itu sebabnya rasul Paulus mendesak jemaat Efesus dan kita untuk terus menerus dipenuhi oleh Roh Kudus. Mengapa kita harus penuh dengan Roh Kudus? Ada 3 jawaban yang kita temukan dalam surat Efesus ini, khususnya pada pasal 5:18.
 
1.Karena Roh Kudus SUDAH dicurahkan bagi kita (1:13-14).
     Perintah supaya kita dipenuhi oleh Roh Kudus mengindikasikan bahwa Roh Kudus sudah dicurahkan oleh Tuhan Yesus sehingga kita dimungkinkan untuk dipenuhi olehNya (Efesus 5:18). Dan di dalam Efesus 1:13-14 rasul Paulus menegaskan bahwa Roh Kudus yang dijanjikan Allah SUDAH memeteraikan kita menjadi milikNya. Artinya, Janji Allah, melalui Tuhan Yesus, tentang pencurahan Roh Kudus sudah digenapi. Bukankah Roh Kudus sudah dicurahkan pada hari Pentakosta? (KPR 2:1-11). Pada saat itu semua murid dipenuhi oleh Roh Kudus (ayat 4). Jika Roh Kudus sudah dicurahkan, sudah diberikan kepada kita, mengapa kita tidak rindu dipenuhi oleh Roh Kudus? Roh Kudus sudah dianugerahkan Allah bagi kita, mari kita rindu dan memberi diri dipenuhi, dikuasai dan dipimpin oleh Roh Kudus. Jangan sia-siakan anugerah Allah yang besar ini! 
2. Karena penuh Roh Kudus adalah kehendak Allah!
     Jelas bahwa Efesus 5:18 adalah kalimat perintah, bukan ajakan atau himbauan! Dalam bahasa Yunani, kata “penuh” menggunakan tense present imperatif aktif, artinya ini kalimat perintah yang harus terus menerus dilakukan. Bahkan istilah “hendaklah” menunjukkan bahwa penuh Roh Kudus adalah kehendak (perintah) Tuhan yang harus ditaati seperti perintah-perintah Tuhan yang lainnya (bandingkan 4:32 dan ayat 19-21). Ini perintah Tuhan bagi kita: Hendaklah kamu penuh dengan Roh Kudus! Tidak ada tawar menawar! Setiap orang Kristen harus terus menerus dipenuhi oleh Roh Kudus. Apakah Saudara penuh dengan Roh Kudus hari ini? Berikanlah diri Saudara untuk dipenuhi, dikontrol oleh Roh Kudus.
3. Karena penuh Roh Kudus menumbuhkan kerohanian!
     Secara tata bahasa Yunani ayat 19-21 dan seterusnya ditulis sebagai tindakan yang ‘digantungkan’ pada ayat 18. Tanpa ayat 18, tidak ada ayat 19 dan seterusnya. Dengan demikian ayat 19-21 merupakan dampak atau akibat seseorang dipenuhi oleh Roh Kudus. Artinya, seseorang yang dipenuhi Roh Kudus akan menghasilkan kehidupan rohani yang bertumbuh seperti yang digambarkan ayat 19-21 dan ayat-ayat selanjutnya. Kita tidak dapat bertumbuh tanpa campur tangan Allah! Kehidupan rohani hanya dapat bertumbuh karena karya Roh Kudus. Kepenuhan Roh Kudus yang terus menerus dialami orang Percaya akan mengubahkan karakter (menumbuhkan kerohanian hingga berbuah Roh).  Kehidupan yang dipenuhi Roh Kudus akan menjadi kehidupan yang suka bersekutu dengan Tuhan dan sesama(Lihat frase ‘seorang kepada yang lain’ (ayat 19)serta bandingkan dengan kehidupan jemaat mula-mula). Penuh Roh Kudus menyebabkan seseorang dimampukan untuk saling melayani, Menerima sukacita surgawi yang nampak dari puji-pujian, selalu mengucap syukur kepada Tuhan Yesus dan rendah hati. Pendeknya,  kehidupan yang dipenuhi Roh Kudus akan bertumbuh dan berbuah Roh, yaitu kasih Allah! (band. Galatia 5:22). Dalam keluarga, orang yang penuh Roh menjadi suami yang mengasihi isteri, isteri yang hormat dan cinta suami , orang tua yang mengasihi anak-anaknya dan anak-anak yang mengasihi orang tuannya (Efesus 5:22-6:4). Dalam pekerjaan, penuh dedikasi, semangat dan menjadi berkat! (Efesus 6:5-9). Dan akhirnya, orang yang penuh Roh Kudus menjadi orang Kristen yang kuat dan siap menghadapi kuasa kegelapan (6:10-20). Jadi, jika kepenuhan Roh Kudus menumbuhkan kerohanian kita, tunggu apa lagi, serahkan hidup kita untuk dipenuhi olehNya!
4. Karena kepenuhan Roh Kudus mendorong dan memperlengkapi dalam pelayanan.
     Tidak diragukan bahwa penuh Roh Kudus mendorong kita untuk giat melayani (Efesus 5:19). Bukankah kuasa Roh Kudus diberikan supaya kita menjadi saksi-saksi Tuhan Yesus? Untuk melayani dan memberitakan InjilNya. Bukan hanya dorongan yang diberikan, tetapi  hikmat, kekuatan dan kuasa serta karunia-karunia Roh Kudus. Itu sebabnya undang Roh Kudus memenuhi hidup kita sehingga pelayanan kita efektif bagi kemuliaan Tuhan kita, Yesus.
    
    Akhirnya, mari kita menyadari bahwa Roh kudus sudah dicurahkan dan Tuhan memerintahkan kita untuk dipenuhi oleh Roh-Nya. Bukan hanya itu, mari kita memperhatikan betapa luar biasa berkat dari kepenuhan Roh Kudus sehingga hati kita rindu untuk dipenuhi oleh Roh Kudus. Mari kita memohon: “Datang penuhiku, datang penuhiku, ya Roh Kudus!”

Pdt. Lukas Widiyanto, S.Th.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Tidak Membayar Perpuluhan

Tiga orang yang berbeda profesi sedang berdiskusi soal perpuluhan. Mereka masing-masing mengemukakan alasan mengapa mereka belum membayar perpuluhan.

Akuntan: Saya belum membayar perpuluhan karena belum menerima surat tagihan dari Tuhan.

Pengacara: Kalau saya belum membayar perpuluhan karena belum ada undang-undang yang mengaturnya.

Bankir: Saya sih sudah lama mau membayar perpuluhan, tapi sampai sekarang saya belum tahu nomor rekening Tuhan.

cabe deeeh....

ALBUM KENANGAN