Selamat datang di www.wartamaranatha.blogspot.com - Memberitakan Injil dan Mendewasakan Kerohanian

Senin, 03 Juni 2013

KARYA ROH KUDUS BAGI KITA


Efesus 1:13,14

   Kali ini kita akan belajar bersama karya Roh Kudus bagi orang percaya menurut surat Efesus. Namun sebelum kita belajar tentang karya dari Roh Kudus bagi kita dalam surat Efesus, ada baiknya kita mengenal siapakah Roh Kudus itu! Bukankah ada pepatah ‘tak kenal, maka tak sayang’ bukan? Dalam suratnya kepada jemaat di Efesus, rasul Paulus secara tidak langsung menjelaskan siapakah Roh Kudus. Pertama,  Roh Kudus adalah Allah. Rasul Paulus menempatkan karya Roh Kudus sebagai salah satu dari karya Allah Tritunggal. Dalam permulaan suratnya kepada jemaat di Efesus, Paulus menjelaskan mengenai karya Allah Tritunggal dalam menyelamatkan manusia (Efesus 1:3-14). Karya itu adalah: Karya Bapa, dimana Dia memilih, menentukan dan menunjukkan kasihNya(ayat 3-6). Karya  Yesus Kristus, dimana oleh darahNya, kita beroleh pengampunan (ayat 6-12). Dan yang terakhir, adalah karya Roh Kudus dalam keselamatan orang percaya, yaitu memeteraikan (ayat 13-14). Jadi, Roh Kudus disetarakan dengan Allah Bapa dan Anak, yaitu Tuhan Yesus yang karyanya nyata dalam menyelamatkan manusia. Berikutnya, Paulus dengan tegas menyatakan bahwa Roh Kudus adalah Allah, saat menyebut Roh Kudus sebagai ‘Roh Kudus Allah’ (Efesus 4:30). Kedua, Roh Kudus  adalah Allah yang ber-PRIBADI. Roh Kudus bukan sekedar kuasa, tetapi Dia adalah Pribadi Allah! Paulus menunjukkan bahwa Roh Kudus memiliki ciri-ciri ‘seorang’ pribadi bukan sekedar kuasa. Misalnya, Dia memiliki intelektual (Efesus 1:17). Roh Kudus juga memiliki perasaan sehingga dapat didukacitakan (Efesus 4: 30). Selain ciri sebagai Pribadi, karya atau pekerjaan Roh Kudus menunjukkan bahwa Dia adalah Pribadi Allah. Karya Roh Kudus menegaskan bahwa Dia adalah Allah sekaligus Allah yang berpribadi. Misalnya, memeteraikan dan menjamin keselamatan; bukankah ini adalah karya yang hanya bisa dilakukan oleh Allah? Nah, mari kita  merenungkan Karya  Allah Roh Kudus bagi kita!    
 
1.Memeteraikan setiap orang percaya menjadi milik Allah (1:13-14; 4:30)!
      Pada waktu kita percaya dan menerima Tuhan Yesus, saat itu juga kita dimeteraikan oleh Roh Kudus. Jadi, Roh Kudus tinggal dalam setiap orang percaya. Untuk apa? Pertama, untuk menjadikan kita milik Allah. Itu sebabnya disurat lain, rasul Paulus menyebut orang Kristen sebagai bait Roh Allah! Kedua, Roh Kudus menjadi jaminan untuk menerima keselamatan yang telah kita terima oleh anugerah Allah melalui iman (band Efesus 4:30). Di sini Roh Kudus yang menjamin kepastian keselamatan orang yang percaya dan menerima Kristus. Puji Tuhan, mari kita semakin teguh dalam iman kepada Tuhan Yesus.
2. Mempersekutukan orang-orang percaya menjadi tubuh Kristus (4:3-4)!
     Roh Kudus-lah yang menjadikan kita SATU TUBUH dalam Kristus. Ya, pada waktu kita percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, saat itu juga kita kita DIPERSATUKAN dengan semua orang percaya di seluruh dunia. Itu sebabnya peliharalah kesatuan, jangan biarkan perselisihan, keegoisan dan segala kejahatan merusakkan persekutuan yang dibangun oleh Roh Kudus. Mari kita saling mengasihi dan saling memperhatikan serta memelihara kesatuan tubuh Kristus. Mulailah dari keluarga, gereja dan antar gereja di sekitar kita!
3. Roh Kudus memberi hikmat untuk mengenal Allah dalam Kristus Yesus (1:16-17)!
     Rasul Paulus percaya bahwa Roh Kudus adalah Roh hikmat dan wahyu yang memampukan kita untuk bertumbuh dalam pengenalan kita kepada Tuhan Yesus. Itu sebabnya dia berdoa, memohon kepada Allah supaya Roh kudus memampukan jemaat Efesus bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan Yesus. Tentu saja pertumbuhan ini melalui Alkitab yang adalah firman Allah. Roh Kudus menolong kita untuk mengerti, mengingat dan memampukan kita untuk melakukan firman Tuhan sehingga kita bertumbuh!
4. Roh Kudus menguatkan, meneguhkan orang percaya (3:16-17)!
     Paulus mengajarkan bahwa Roh Kudus-lah yang menguatkan dan meneguhkan batin kita menghadapi tantangan dan pergumulan dalan hidup ini. Kita tidak dapat hidup tanpa Roh Kudus! Ada tantangan yang berat dalam hidup!Dosa menjadi tantangan iman bukan? Kuasa kegelapan juga mencoba menggodai dan menyerang gereja (Efesus 6:10-12). Bukan hanya itu kita diperhadapkan dengan berbagai pergumulah hidup. Namun jika kita bergantung kepada Tuhan Yesus melalui Roh Kudus-Nya, kita akan menerima kekuatan untuk berdiri teguh dan berkemenangan!  
5. Roh Kudus memenuhi hidup orang percaya (5:18)!
    Karya Roh Kudus yang juga penting adalah memenuhi orang percaya untuk mengontrol kehidupannya. Rasul Paulus memerintahkan agar jemaat Efesus dan kita untuk penuh dengan Roh Kudus. Untuk dikuasai dan dikontrol Roh Kudus setiap saat! Apa tujuan Roh Kudus memenuhi umatNya? Roh Kudus memenuhi atau memimpin umatNya untuk memampukan kita untuk bertumbuh dan berbuah Roh Kudus (lihat ayat 19-6:9 sebagai dampak dari dipenuhi Roh Kudus. Dengan dikontrol oleh Roh Kudus hidup bertumbuh dan berbuah Roh (Galatia 5:22-23). Bukan hanya itu, dengan dipenuhi Roh Kudus, kita diperlengkapi dengan hikmat dan kuasa untuk melayani Tuhan Yesus dan sesama. Pelayanan menjadi efektif dan memuliakan Tuhan Yesus.
    
    Nah, luar biasa karya Allah Roh kudus bagi kita, bukan? Jika demikian, mari kita menghormati Roh Kudus dalam ibadah dan memberi diri dengan kerinduan untuk dipenuhi Roh Kudus. Biarlah Roh Kudus menguasai hidup kita sehingga kita memuliakan Tuhan Yesus dengan kehidupan yang berbuah Roh dan melayani Tuhan! 

Pdt. Lukas Widiyanto, S.Th.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Tidak Membayar Perpuluhan

Tiga orang yang berbeda profesi sedang berdiskusi soal perpuluhan. Mereka masing-masing mengemukakan alasan mengapa mereka belum membayar perpuluhan.

Akuntan: Saya belum membayar perpuluhan karena belum menerima surat tagihan dari Tuhan.

Pengacara: Kalau saya belum membayar perpuluhan karena belum ada undang-undang yang mengaturnya.

Bankir: Saya sih sudah lama mau membayar perpuluhan, tapi sampai sekarang saya belum tahu nomor rekening Tuhan.

cabe deeeh....

ALBUM KENANGAN