Selamat datang di www.wartamaranatha.blogspot.com - Memberitakan Injil dan Mendewasakan Kerohanian

Minggu, 02 Mei 2010

KEMENANGAN YANG MEMBERI KEMENANGAN


I Petrus 3:18-20
Kebangkitan Kristus menang atas maut, maka kita yang percaya kepada Tuhan Yesus juga menang. Ayat 19-20, haruslah ditafsirkan sebagai proklamasi kemenangan Kristus atas kebangkitanNya. Inilah pokok pemberitaan Injil yang pertama. Sebagaimana Paulus dalam pelayanannya di Atena, sebuah kota yang penuh dengan penyembahan kepada dewa-dewa, kebangkitan Kristus diberitakan (Kisah Para Rasul 17:16-34). Sekalipun pemberitaan tersebut tidak lepas dari banyaknya penolakkan atau penyangkalan akan kebangkitan Kristus itu sendiri. Tetapi tetap saja fakta-fakta tentang kebangkitan Kristus begitu nyata, diantaranya:
a. kain kafan Yesus masih berada di tempatnya (Yohanes 20:6-7)
b. Murid- murid Yesus tidak mungkin rela mati syahid demi suatu kebohongan (jika Kristus ternyata tidak dibangkitkan)
c. Pertumbuhan dan eksistensi jemaat Kristen di seluruh dunia
d. Penampakkan Yesus kepada banyak orang
Jika Kristus tidak dibangkitkan maka sia-sia kepercayaan kita (Ibrani 15:17). Kebangkitan Kristus adalah keunikan kekeristenan dan kemenangan Kristus membawa kita kepada kemenangan, yaitu:

I. Kemenangan Atas Maut
Ketika mati, Kristus ada di dalam maut. Bukan berarti Kristus kalah dengan maut, tapi karena Kristus adalah Allah penguasa. Dan maut dikalahkan oleh kebangkitanNya. Setiap manusia akan mengalami maut atau kematian (kecuali diijinkan hidup pada kedatanagan Tuhan yang kedua). Bagi orang percaya, kematian merupakan pintu gerbang menuju hidup kekal di Surga. Dan ini merupakan suatu kepastian

II. Kemenangan Atas Iblis
Kita diberi kuasa untuk mengusir Setan/Iblis dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Mau tidak mau, setiap anak Tuhan menjadi musuh Iblis. Dan dunia ini adalah medan peperangan kita dengan Iblis. seharusnya kita menang atas Iblis karena kebangkitan Kristus memberi kita kemenangan atas Iblis. Apakah kita menyadari hal ini? Jangan pernah takut dengan Iblis. Ingatlah, kita sudah menang atas Iblis.

III. Kemenangan Atas Dosa
Sebelum kita percaya kepada Tuhan Yesus, kita ada dibawah kutuk dosa, dan kita adalah orang-orang yang akan binasa. Namun Karya Kristus di atas kayu Salib membayar lunas dosa kita. Kristus membenarkan kita. Seharusnya hidup kita memuliakan Allah dengan mengusahakan hidup yang berkualitas dan bermakna. Kristus hidup di dunia hanya 33,5 tahun, tetapi hidupnya memiliki makna, yaitu pelayanan yang luar biasa dan memberkati manusia di seluruh dunia. Apakah hidup kita bermakna dan berkualitas? Atau kita telah menyia-nyiakan hidup kita? Marilah kita setia beribadah dan melayani Tuhan dan sesama dengan sungguh-sungguh.

IV. Kemenangan Atas Segala Tantangan Dan Kesulitan
Kebangkitan Kristus memberi kita kemenangan atas segala tantangan dan kesulitan hidup. Sebagaimana Rasul Paulus diberi “duri dalam daging” (I Korintus 12:7-10). Tetapi melalui “duri dalam daging” itu Allah menyempurnakan kuasaNya. Bukankah setiap kita masing-masing juga memiliki tantangan dan kesulitan hidup? Ya, tetapi kita dapat menang atas segala tantangan oleh karena kebangkitan Kristus. marilah kita hidup bergantung pada Tuhan dengan sungguh-sungguh.

Kemenangan Kristus membawa kita berkemenangan atas maut, Iblis, Dosa dan tantangan hidup. Biarlah kita menjadi orang-orang yang berkemenangan, bahkan lebih dari pemenang. Tuhan Yesus Memberkati.


Pdm. Dr. Abigail Susana, M.Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Tidak Membayar Perpuluhan

Tiga orang yang berbeda profesi sedang berdiskusi soal perpuluhan. Mereka masing-masing mengemukakan alasan mengapa mereka belum membayar perpuluhan.

Akuntan: Saya belum membayar perpuluhan karena belum menerima surat tagihan dari Tuhan.

Pengacara: Kalau saya belum membayar perpuluhan karena belum ada undang-undang yang mengaturnya.

Bankir: Saya sih sudah lama mau membayar perpuluhan, tapi sampai sekarang saya belum tahu nomor rekening Tuhan.

cabe deeeh....

ALBUM KENANGAN