Selamat datang di www.wartamaranatha.blogspot.com - Memberitakan Injil dan Mendewasakan Kerohanian

Selasa, 24 Mei 2011

kuasa nama yesus



Yohanes 20:30-31; Amsal 18:10

Sebuah “nama” yang diberikan kepada seseorang tentunya memiliki suatu arti yang penting bagi orang tersebut. Nama Yesus, bukan saja memiliki arti yang penting, namun juga memiliki kuasa. Rasul Yohanes sangat menekankan kuasa dari nama Yesus. Nama Yesus menunjuk pada pribadi Tuhan Yesus, bukan sekedar ‘nama’. Jadi Yesuslah yang Mahakuasa karena Dia Anak Allah, Allah yang menjadi manusia ( 1:1-3). Dalam Perjanjian Lama nama Allah (YHWH) tidak boleh disebut sembarangan. Untuk menyebut nama Allah, orang Yahudi menggunakan ‘adonay’, yang berarti tuan. Sebuah “nama” menjadi berarti jika ada relasi atau hubungan. Demikian pula Nama Yesus menjadi berarti apabila kita menjalin hubungan dengan Tuhan Yesus. Artinya, ketika kita “mau percaya” kepadaNya, maka ada relasi antara kita dengan Tuhan Yesus. Dan nama Yesus sangat berarti bagi kita. Bagaimana kuasa nama Yesus yang ditulis oleh rasul Yohanes?

I. Dalam Nama Yesus Ada Keselamatan
Yohanes menegaskan bahwa percaya dalam nama Yesus berarti menerima keselamatan. Arti nama Yesus sendiri adalah Penyelamat. Dia menyelamatkan setiap orang yang percaya kepada namaNya dari penghukuman karena dosa. Penulis Amsal juga menyatakan bahwa nama Tuhan bagaikan menara yang kuat yang menyelamatkan setiap orang yang percaya. Bukan hanya menerima keselamatan, kita juga:

- Menjadi anak-anak Allah. Ketika kita percaya kepada Tuhan
Yesus, maka yang memiliki relasi yang intim dengan Allah
karena kita dijadikan anak-anakNya menjadi ahli warisNya
(Yohanes 1:12).

- Menerima hidup yang kekal. Setiap orang yang percaya Yesus
memiliki relasi dengan Allah dan menerima hidup kekal melalui
namaNya (Yohanes 20:30-31; KPR 4:12).

Jadi di dalam nama Yesus, kita pasti diselamatkan. Siapa yang mau percaya dan menerima Tuhan yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pasti diselamatkan dan menjadi anak-anakNya (Roma 10:9-11). Sebab itu kita perlu memberitakan nama Yesus yang menyelamatkan ini (Roma 10:14-15). Kepada seluruh keluarga bahkan orang-orang yang kita jumpai, yang belum percaya Tuhan Yesus, mari kita beritakan nama Yesus. Di dalam nama Yesus ada kuasa yang menyelamatkan.

II. Dalam Nama Yesus Ada Jawaban Atas Doa
Tuhan Yesus mengajar bahwa saat kita meminta dalam nama Yesus, maka kita menerima jawaban atas doa-doa kita.

- Tuhan Yesus berjanji untuk melakukannya (memberikan) bagi
kita (Yohanes 14:13).

- Bapa akan memberikan apa yang kita minta dalam nama Yesus
(Yohanes 15:6; 16:23-26)

Nama Yesus berkuasa untuk memberikan jawaban atas doa-doa kita. Sebab itu berdoalah, mintalah di dalam namaNya (Yohanes 16:24). “Minta “ dalam nama Yesus berarti pula meminta dalam keselarasan dengan kehendak dan pribadi Tuhan Yesus. Artinya setiap doa yang selaras dengan kehendakNya, pasti dijawab oleh Tuhan. Apa saja yang sedang kita doakan? Masalah rumah tangga, pekerjaan, masa depan, berdoalah dan mintalah dengan percaya. Ingat, dalam nama Yesus ada jawaban atas doa-doa kita.

Akhirnya, marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yesus, karena dalam namaNya kita medapat keselamatan dan hidup kekal. Dan dalam namaNya juga kita mendapat jawaban atas setiap doa-doa kita. Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Lukas Widiyanto, S.Th.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Tidak Membayar Perpuluhan

Tiga orang yang berbeda profesi sedang berdiskusi soal perpuluhan. Mereka masing-masing mengemukakan alasan mengapa mereka belum membayar perpuluhan.

Akuntan: Saya belum membayar perpuluhan karena belum menerima surat tagihan dari Tuhan.

Pengacara: Kalau saya belum membayar perpuluhan karena belum ada undang-undang yang mengaturnya.

Bankir: Saya sih sudah lama mau membayar perpuluhan, tapi sampai sekarang saya belum tahu nomor rekening Tuhan.

cabe deeeh....

ALBUM KENANGAN