Selamat datang di www.wartamaranatha.blogspot.com - Memberitakan Injil dan Mendewasakan Kerohanian

Minggu, 22 Juli 2012

UNTUK APA KE GEREJA ?

LUKAS 6:17-19

    Mengapa kita ke gereja? Siapa yang kita cari? Orang banyak ke ‘tempat yang datar’ mencari Tuhan Yesus. Kita ke gereja mencari Tuhan Yesus, bukan? Sayang, masih banyak orang Kristen ke gereja justru mencari yang lain, bukan Tuhan Yesus! Cari pengkhotbah, songleader (pemimpin pujian) atau lagu-lagu yang cocok untuk dirinya. Lebih buruk lagi, hanya mencari berkat, kekayaan atau hanya ‘jalan keluar’ dari masalahnya! Memang, yang terakhir ini, kita butuhkan, namun tetaplah Alkitab mengajarkan bahwa kita seharusnya mencari Tuhan Yesus saat kita ke gereja! Lukas, penulis Injil ini, menceritakan kepada kita bagaimana orang banyak (murid-murid dan orang-orang lain) mencari Tuhan Yesus dengan tujuan, yang seharusnya kita juga miliki.
1. Untuk Menerima KESELAMATAN: Persekutuan dengan dan di dalam Tuhan Yesus Kristus! (ayat 17)
     Sekalipun tidak tersirat, kita dapat dengan jelas menemukan bahwa orang banyak itu mencari Tuhan Yesus! Apa yang mereka temukan, sekalipun mungkin beberapa telah salah tujuan, tetapi adalah tujuan Allah ketika kita mencari (atau lebih tepat dicari) Tuhan Yesus, kita akan menemukan keselamatan, hidup kekal! Tuhan Yesus datang ke  dunia ini untuk mencari dan menyelamatkan yang terhilang (Lukas 19:10). Tuhan Yesus adalah Allah, Tuhan dan Juruselamat. Dan ketika kita percaya dan menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, kita beroleh hidup kekal atau keselamatan.  Apa itu keselamatan dan hidup kekal? Secara sederhana keselamatan adalah persekutuan dengan Allah yang benar, Allah di dalam Tuhan Yesus. Hidup rohani kita yang mati, dihidupkan kembali dan ini akan terjadi terus menerus sampai kekekalan. Inilah berkat kekal yang tidak boleh kita lupakan. Cari Tuhan Yesus bukan supaya makmur dan kaya atau sehat, tetapi supaya kita beroleh hidup kekal! Jika Saudara belum tahu, mari terimalah Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat Saudara! Berikutnya, jika Saudara sudah menerima Tuhan Yesus, mari kita bersyukur, beribadah kepada Tuhan Yesus. Ingat, Saudara adalah pemilik HARTA KEKAL yang AJAIB, yaitu keselamatan dalam Kristus, itu sebabnya ke gereja adalah ucapan syukur kita kepada Tuhan. Masih bingung, mengapa kita ke gereja? Jangan lagi!
2. Untuk mendengar pengajaran Tuhan Yesus (ayat 18).
     Orang banyak mencari Tuhan Yesus “untuk mendengarkan Dia” (ayat 18). Ya, orang-orang saat itu mengerti betapa pentingnya mendengarkan ajaran Tuhan Yesus!  Bagaimana dengan kita? Apakah kita ke gereja untuk mendengarkan pengajaran Tuhan Yesus? Sebenarnya, firman Tuhan (khotbah) adalah sentral dari liturgi Kristen. jadi jangan diabaikan! Mendengar Firman Tuhan itu sangat penting! Mengapa? Pertama, karena melalui Firman Tuhan, Injil, kita dituntun untuk menerima keselamatan (Roma 10:17 band. 2 Timotius 3:15). Kedua, melalui Firman Tuhan, kita diubah menjadi serupa dengan Tuhan Yesus (Efesus 4:14-16; Roma 8:28-29). Firman Tuhan diberikan untuk menyatakan kesalahan, mengubah kelakuan, mengajarkan kebenaran dan mendidik kita melakukan kebenaran Tuhan sehingga kita diubah semakin serupa dengan Kristus (2 Timotius 3:16-17). Nah, itu sebabnya mari kita sungguh-sungguh mendengar Firman Tuhan. Kalau bisa kita catat dan renungkan di rumah. Selain itu berikanlah hati kita untuk disentuh dan diubah oleh FirmanNya. Dan yang paling penting, lakukanlah firman Tuhan itu, maka kita akan diubah menjadi serupa dengan Kristus!
3. Untuk menikmati berkat dari Tuhan Yesus (ayat 18b-19).
    Secara jujur, orang banyak yang datang kepada Tuhan Yesus juga untuk disembuhkan, untuk menerima pertolongan. Ini bukan salah, tetapi jangan lupakan tujuan kekal yang Allah rencanakan, yaitu keselamatan dan diubah menjadi serupa dengan Kristus! Memang kita beribadah dengan kerinduan untuk memuliakan Tuhan kita, Yesus Kristus dan untuk bersyukur kepadaNya. Tetapi Tuhan-lah yang ‘mendesain’ ibadah kita juga untuk memberkati kita! Lihat saja, orang banyak, yang datang mencari Tuhan Yesus menerima berkat ajaib. Suatu berkat eskhatologis, berkat yang “akan datang” tetapi di terima sekarang ini! Mereka yang sakit disembuhkan (ayat 18b). Bukankah di Sorga tidak ada lagi sakit penyakit? Dan roh-roh jahat diusir Tuhan Yesus, seperti keadaan Sorga yang bersih dari laknat, kejahatan dan roh jahat! Mari kita beribadah dengan sungguh karena kehadiran Tuhan Yesus memberikan berkat yang ajaib; yang sakit disembuhkan, roh jahat diusir, yang lemah dikuatkan, yang berduka memperoleh penghiburanNya dan yang mengalami pergumulan, Dia memberi jalan. Saya percaya, Tuhan Yesus tidak berubah! Kasih dan kuasaNya tidak akan pernah berbuah!
    Mari kita semakin setia beribadah dan semakin teguh dalam iman, bersyukur senantiasa karena keselamatan yang sudah dianugerahkan Tuhan Yesus bagi kita, semakin sungguh mendengar pengajaran Tuhan kita, Yesus Kristus! Dan mari kita menikmati segala berkat Tuhan yang ajaib, yang disediakanNya bagi kita! 

 Pdt. Lukas Widiyanto, S.Th.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Tidak Membayar Perpuluhan

Tiga orang yang berbeda profesi sedang berdiskusi soal perpuluhan. Mereka masing-masing mengemukakan alasan mengapa mereka belum membayar perpuluhan.

Akuntan: Saya belum membayar perpuluhan karena belum menerima surat tagihan dari Tuhan.

Pengacara: Kalau saya belum membayar perpuluhan karena belum ada undang-undang yang mengaturnya.

Bankir: Saya sih sudah lama mau membayar perpuluhan, tapi sampai sekarang saya belum tahu nomor rekening Tuhan.

cabe deeeh....

ALBUM KENANGAN